Beranda Berita Tokyo Dinyatakan Darurat COVID-19, Olimpiade Akan Digelar Tanpa Penonton

Tokyo Dinyatakan Darurat COVID-19, Olimpiade Akan Digelar Tanpa Penonton

MEDIAPOIN – Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 telah sepakat untuk digelar tanpa penonton setelah pemerintah Jepang menyatakan keadaan darurat virus COVID-19 pada ibu kota negara tersebut.

Kebijakan tersebut diambil setelah adanya perbincangan antara pemerintah dengan pihak penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo. Langkah tersebut menandai perubahan besar yang terjadi dari beberapa pekan sebelumnya, ketika pihak penyelenggara masih berkeinginan untuk melangsungkan ajang olahraga tersebut dengan jumlah penonton yang terbatas.

“Sangat disesalkan bahwa kami akan menyelenggarakan Olimpiade dalam format terbatas demi menghadapi penyebaran infeksi virus corona,”
Kata Presiden Tokyo 2020 Seiko Hashimoto (dikutip langsungdari REUTERS).

“Saya meminta maaf kepada mereka yang telah membeli tiket dan semua orang yang berada di daerah setempat,”
tambahnya.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menilai bahwa pentingnya melakukan pencegahan penyebaran virus corona di Kota Tokyo, di mana varian baru Detla COVID-19 yang sangat menular tersebut mulai menyebar, sehingga dikhawatirkan menjadi sumber gelombang infeksi selanjutnya.

Foto: Olimpiade Tokyo 2020 Logo

Kebijakan tersebut sekaligus memupuskan harapan bagi sebagian besar orang yang menginginkan Olimpiade Tokyo dapat dihadiri secara langsung. Olimpiade Tokyo tersebut dijadwalkan akan berlangsung mulai dari tanggal 23 Juli hingga 8 Agutus 2021 mendatang.

Olimpiade dapat dilihat sebagai kesempatan Jepang untuk berdiri di panggung global setelah negara tersebut mengalami musibah gempa bumi dahsyat yang telah melanda satu dekade lalu. Namun ajang olahraga multievent tersebut terpaksa ditunda satu tahun karena pandemi COVID-19, dan mengalami pembengkakan anggaran dalam jumlah yang sangat besar.

Menteri Olimpiade Tamayo Marukawa mengatakan bahwa pihak penyelenggara telah menyutujui untuk mengadakan Olimpiade tanpa penonton di Tokyo, dan akan memutuskan kebijakan lain sesuai dengan situasi di daerah setempat untuk venue yang berlokasi di luar wilayah ibu kota.

Belum lama ini, Banyak ahli kesehatan yang berpendapat bahwa menggelar Olimpiade tanpa penonton akan menjadi pilihan yang paling tidak berisiko di tengah kekhawatiran masyarakat terhadap kedatangan ribuan atlet dan ofisial yang bisa saja memicu munculnya gelombang baru infeksi virus corona.

Baca Juga: Update Corona Jakarta 7 Juli: Tambah 9.366 Kasus, Total Jadi 610.303

ardhifm
Mencoba menyibukan diri dengan banyak hal. Menjadi penulis karena hobi membaca dan suka menonton. Pecinta movie, sangat suka makan dan tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020, Anthony Ginting Lolos Ke Semi Final

MEDIAPOIN - Anthony Sinisuka Ginting berhasil lolos ke babak semifinal bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 setelah menang pada babak perempat final mengalahkan...

Lirik Lagu Amel Amila – Serupa (Memang Aku Tak Sama Tapi Serupa)

MEDIAPOIN - Amel Amila yang sedang menggemparkan publik karena parasnya yang cukup mirip dengan Nike Ardila ini merilis lagu yang berjudul Serupa...

WhatsApp Resmi Rilis Fitur Sembunyikan Pesan

MEDIAPOIN - WhatsApp, aplikasi perpesanan paling populer di dunia itu baru-baru ini secara resmi merilis sebuah fitur sembunyikan pesan atau Archived Meesage...

Google Akan Buat Transfer Data dari iOS ke Android Jadi Lebih Mudah

MEDIAPOIN - Saat pengguna ingin beralih dari iOS ke Android, salah satu hal yang paling sulit dilakukan yaitu transfer data. Seorang pengembang...

Recent Comments