Beranda Android LINE Creators Market Jadi “Tambang Emas” Para Kreator Stiker Indonesia

LINE Creators Market Jadi “Tambang Emas” Para Kreator Stiker Indonesia

Perubahan pola hidup ke arah digital yang telah terjadi di masa pandemik secara tidak langsung ini memberikan ruang terhadap proses kreatifitas untuk memanfaatkan waktu dan mengasah skill. LINE merupakan salah satu platform yang sangat menghargai bentuk kreativitas dan memberikan ruang kepara kreator muda untuk berkarya.

LINE merupakan aplikasi perpesanan yang hadir di Indonesia pada tahun 2013, bersamaan dengan diluncurkannya salah satu fitur yang menjadi ciri khas pertukaran pesan tersebut yaitu LINE Stickers, yang memungkinkan pengguna berekspresi dengan berbagai macam karakter yang ditawarkan.

Dalam perkembangannya, LINE Stickers yang awalnya hanya gambar statis, kemudian berkembang dengan efek animasi, memiliki suara, pop up dan hadir dalam berbagai ukuran dan custom/text sticker. LINE Stickers yang kini sudah bekerjasama dengan beberapa pemegang lisensi internasional seperti Disney, Nickelodeon, dan juga yang lainnya.

Foto: LINE CREATORS MARKET

LINE Creators Market diluncurkan tahun 2014 dan pada tahun 2016 mereka bekerjasama dengan Bekraf/Kemenparekraf, LINE Indonesia juga menyelenggarakan LINE CREATIVATE yang merupakan sebuah ajang untuk memberikan edukasi mengenai proses monetisasi dan profesi sebagai konten kreator.

LINE Creators Market memungkinkan sebuah karya untuk dapat dijual ke pasar Indonesia dan juga luar negeri. Tahilalats dan Milk & Mocha adalah contoh dari dua kreator sukses yang memasarkan stiker mereka di beberapa negara seperti Thailand dan juga Taiwan serta diadaptasi sesuai dengan bahasa lokal negara tersebut.

Tidak hanya dua nama itu saja, masih banyak hasil karya Indonesia yang juga diminati di Internasional, beberapa bahkan masuk dalam top rank. Kegiatan monetisasi tersebut sangat mungkin dilakukan oleh LINE Creators Market karena para kreator dapat memilih sendiri negara mana yang ingin dituju untuk memasarkan karya mereka.

Foto: LINE CREATOR

LINE Creators Market yang sekarang telah memiliki sekitar 200 ribu kreator yang terdaftar dengan total jumlah lebih dari 2 juta stiker, 80 ribu di antara nya adalah hasil dari karya anak bangsa.

LINE Creators Market bekerjasama dengan KATAPEL dan Bekraf/Kemenparekraf sejak tahun 2018 sampai saat ini dan terus melakukan pelatihan mengenai IP untuk memberikan edukasi. Beberapa kreator yang memiliki prestasi akan mendapatkan pelatihan lanjutan.

Baca Juga: WhatsApp dan Instagram Dilaporkan Lumpuh Selama 40 Menit

Pencarian kreator berbakat secara mandiri pun telah dilakukan untuk mencari karya-karya terbaru mereka. Beberapa kompetisi LINE Stickers juga pernah diadakan. Hasil karya dari para kreator ini pun nantinya akan mendapatkan eksposur di dalam aplikasi LINE sendiri.

ardhifm
Mencoba menyibukan diri dengan banyak hal. Menjadi penulis karena hobi membaca dan suka menonton. Pecinta movie, sangat suka makan dan tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Lirik Lagu Happy Asmara – Siji Wektu

Kanggo kowe seng tak sayangSing saiki wes ra neng rangkulanMasio wes ra dadi sijiTapi kowe seng tetep neng ati

Lirik Lagu Aftershine Ft Tiara Linggar – Nangisi Lungamu

udane wingi wis terang anggone nelesilan saiki pelangimu hadiryen akhire bakal nglalekakeaku sing dadi payungmusing relo ngobati laramu nganti...

Kolaborasi Dengan Line Friends, PUBG Mobile Hadirkan Event Baru!

PUBG Mobile baru saja mengumumkan sebuah kolaborasi dengan salah satu karakter populer di messenger terkenal, Line Friends. Kolaborasi tersebut akan hadir sampai...

Microsoft Akan Optimasi Multi Screen Display Windows 11

Menurut laporan terbaru, Microsoft dikabarkan sedang mengoptimalkan tampilan multi-display sistem yang berada di Windows 11. Dari laporan sejauh ini, Microsoft Windows...

Recent Comments