Beranda Game Konsol PS5 Duduki Tingkat Penjualan Paling Rendah Di Jepang?

Konsol PS5 Duduki Tingkat Penjualan Paling Rendah Di Jepang?

Sejak PS5 resmi rilis pada tanggal 12 November 2020 di Jepang, Sony Playstation telah mendapatkan banyak sekali kritikan tajam dari para analis dan fans di negara tersebut. Mereka menuduh bila Sony Playstation menempatkan para gamer dijepang di prioritas paling belakang. Atas tuduhan tersebut, CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan pun sampai membantah. Ia menyatakan bila “Jepang masih sangat penting” bagi perusahaan.

Namun, realita berkata lain. Belakangan ini PlayStation 5 miliki tingkat penjualan paling rendah di Jepang. Hal tersebut terbukti dari statistik terbaru penjualan PS5 di Jepang yang bersumber dari salah satu artikel gameindustry.biz edisi bahasa jepang. Sekitar enam minggu setelah peluncuran, ternyata hanya sekitar 240.000 unit PS5 yang meluncur di Jepang. Artikel tersebut telah menyatakan bahwa jika tingkat pembelian saat ini berlanjut, total penjualan PS5 hanya akan setara dengan setengah dari PS4 atau bahkan bisa lebih sedikit lagi. Dan analisa tersebut berlaku sampai beberapa tahun ke depan.

Jika kita lihat pada grafik di atas, terlihat jelas bahwa penjualan PS5 yang bahkan lebih kecil dari konsol terdahulunya, yaitu PSP, PS3, VITA dan PS4. Akan tetapi, jika kita melihat perbandingan antara Nintendo dan Playstation pada grafik tersebut tentunya produk Playstation miliki penjualan. lebih rendah daripada Nintendo sendiri. Bahkan produk Nintendo-lah yang duduki penjualan terbesar dari pasar tersebut. Nah, hal ini mungkin yang menjadikan alasan kenapa Sony Playstation tak terlalu memperhatikan pasar di Jepang.

Disamping itu, muncilnya rumor tentang perubahan tombol konfirmasi pada PS5 disinyalir juga memengaruhi. Seperti yang telah kita tahu, game Jepang biasanya menggunakan tombol O sebagai tombol accept. Akan tetapi, PS5 malah berencana untuk menyatukan semua tombol accept di tombol X seperti yang berada di versi barat.

Baca Juga: Desain Warna PS5 Ciptaan Retailer Ini Sangat Mirip Dengan Konsol Terlaris Sepanjang Masa PS2!

Dimana tentunya para gamer jepang terlihat cukup keberatan dengan hal tersebut. Selain karena faktor kebiasaan, O atau “maru” memiliki arti “benar”, yang biasanya dipakai untuk mengkonfirmasi sesuatu yang mereka anggap “ya”. Sedangkan untuk X sendiri merujuk pada kata “Batsu” yang berarti salah. Dan pada kebudayaan mereka, hal itu juga digunakan untuk menyatakan “tidak” atau “batal”.

ardhi hidayad
Mencoba menyibukan diri dengan banyak hal. Menjadi penulis karena hobi membaca dan suka menonton. Pecinta movie, sangat suka makan dan tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ikuti Jejak Asus, Zotac dan EVGA Juga Mulai Naikkan Harga Kartu Grafis!

Setelah kita dihantui dengan mulai melambungnya harga bitcoin, lalu naiknya harga kartu grafis dan motherboard dari Asus, kini nampaknya beberapa merk ternama...

Yuk Intip Sedikit Film Komedi Romantis To All The Boys: Always And Forever

Netflix akan segera menghadirkan kelanjutan kisah cinta antara Lara Jean Covey (Lana Condor) dan Peter Kavinsky (Noah Centineo) di To All The...

Galaxy S21 Ultra Tiba dengan Dukungan S Pen

Bersamaan dengan Samsung Galaxy S21 dan Galaxy S21+, Samsung juga mengumumkan varian tertingginya yaitu Samsung Galaxy S21 Ultra, menggantikan model Galaxy S20 Ultra yang...

Lirik Lagu Saatnya Melesat – POCO X Ecko Show

Lirik Lagu Saatnya Melesat by POCO X Ecko Show. Berikut ini adalah lirik lagunya. Saatnya Melesat adalah lagu yang dinyanyikan oleh Ecko...

Recent Comments