Beranda Bioskop Kerjasama Netflix Dan Kemendikbud Untuk Meningkatkan Kualitas Penulisan Film

Kerjasama Netflix Dan Kemendikbud Untuk Meningkatkan Kualitas Penulisan Film

Kerjasama antara Netflix dan Kemendikbud untuk dapat meningkatkan kualitas penulisan film bulan ini dilakukan melalui platform online, sehingga lebih banyak menjangkau peserta di Indonesia.

Sesi kerjasama dengan metode Virtual Film Writers Workshop ini berlangsung pada tanggal 20 November 2020 ini, dibawakan oleh Christopher Mack, Director, Creative Talent Investment & Development, Netflix.

Christopher Mack berbagi praktik terbaik penulisan naskah film. Termasuk cara-cara untuk dapat menghasilkan ide film serta mendokumentasikannya, ia juga memberitahukan mengenai tujuan dan motivasi tokoh-tokoh dalam sebuah cerita yang terkait hubungannya dengan alur. Tentu saja pembahasan ini akan sangat membantu para penulis untuk dapat menghasilkan versi terbaik dari naskah film yang digerakkan oleh tokoh.

Ada banyak sekali ilmu yang dibagikan untuk para peserta webinarnya dan ini adalah salah satu dari rangkumannya

Bagi kalian yang ingin menulis sebuah cerita film, ada baiknya untuk dapat memperhatikan :

  • Pertanyaan cerita;
  • Ikhtisar;
  • Latar belakang cerita;
  • Suasana;
  • Deskripsi karakter
  • Outline
  • Lebih lanjut , Christopher Mack mengutip Robert McKee

“Dari proses kreatif secara keseluruhan pada sebuah karya yang telah jadi, 75 persen dari kerja keras penulis digunakan untuk merancang cerita. Siapakah karakter ini? Apa yang mereka inginkan? Mengapa mereka menginginkannya? Bagaimana mereka memperolehnya? Apa yang menghalangi mereka? Apa konsekuensinya? Menjawab pertaynyaan besar ini dan membentuknya menjadi sebuah cerita adalah tugas kreatif yang luar biasa”

Sesi webinar ini berlangsung sekitar satu setengah jam dan berlangsung dengan lancar. Berhasil menimbulkan banyak sekali pengetahuan baru bagi para penulis, terutama yang ingin memasukkan cerita/filmnya kepada Netflix. Hal ini juga telah disampaikan secara bercanda oleh Christopher Mack.

Untuk itulah ia juga mengambil contoh beberapa film yang sanga dekat di hati penonton seperti Gladiator, Two Popes dan Into The Spider-Verse sebagai dasar dari bahan pembelajarannya, agar dapat mudah diterima oleh para peserta webinar.

“Kegiatan ini memang dimaksudkan untuk membantu untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan kapasitas dari para peserta yang hadir pada kesempatan ini dari industri film Indonesia. Tentunya, ini adalah kesempatan yang baik untuk menggali sebisa mungkin pengalaman di bidang film,” ungkap Hilmar Farid saat membuka sesi webinar “Virtual Film Writers Workshop”.

Sesi webinar tersebut juga merupakan salah satu program dari kolaborasi antara Netflix dan Kemendikbud yang bernilai 1 juta dolar atau (sekitar Rp.14 miliar).

Pada bulan Agustus 2020 lalu juga sudah digelar workshop virtual yang membahas proses pascaproduksi di layanan streaming tersebut dan kedepannya, akan ada sejumlah program lain dari Netflix dan Kemendikbud.

ardhifm
Mencoba menyibukan diri dengan banyak hal. Menjadi penulis karena hobi membaca dan suka menonton. Pecinta movie, sangat suka makan dan tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Lirik Lagu Pamungkas – Queen Of The Hearts

Taking a walk like a champ in the nightI walk slow but I never walk backHaving a talk with you in my...

Lirik Lagu Judika – Bagaimana Kalau Aku Tidak Baik – Baik Saja

Andai aku bisa memutar waktuAku tak ingin mengenalmuMengapa ada pertemuan ituYang membuat aku mencintaimu Bagaimana kalau aku tidak baik-baik...

Xiaomi Mi 12 Akan Gunakan RAM LPDDR5X dan Snapdragon 898

MEDIAPOIN - Kemarin, JEDEC baru saja meluncurkan LPDDR5X, penyempurnaan RAM dari versi 5 yang mendorong kecepatan data maksimum dari 6.400 Mbps menjadi...

Anthony Ginting Akan Berjuang di Semifinal Melawan China Hari Ini

MEDIAPOIN - Atlet Indonesia Anthony Ginting menjadi salah satu wakil dari Tanah Air yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Hari ini, Minggu...

Recent Comments