Beranda Android Kenalkan Snapdragon 870 5G, Qualcomm Rebut Kembali Gelar “Clock Speed”

Kenalkan Snapdragon 870 5G, Qualcomm Rebut Kembali Gelar “Clock Speed”

Pemikiran lawas yang berbuah emas. Mungkin itu saja yang bisa kita ucapkan dari inovasi yang telah dihasilkan oleh Qualcomm bersama TSMC. Keduanya berhasil menemukan cara baru untuk dapat memeras kinerja ekstra dari node 7 nm dan menciptakan Snapdragon 865++. Atau Qualcomm lebih menyukainya sebagai Snapdragon 870 (SM8250-AC).

CPU-nya telah berhasil didongkrak hingga mencapai clock speed tertinggi di dunia seluler, di mana inti utama yang berjalan pada clock speed 3,2 GHz, naik dari 3,1 GHz yang ada pada 865+ dan 2,94 GHz pada vanilla 865. Keduanya berhasil dilampaui oleh Kirin 9000 dengan clock speed sebesar 3,13 GHz.

Tetapi sekarang Qualcomm telah merebut kembali mahkota “clock speed” tersebut dengan cara memperkenalkan Qualcomm Snapdragon 870 tersebut. Chipset ini diproduksi dengan inti Kryo 585, yang didasarkan oleh ARM Cortex-A77 dengan beberapa penyesuaian internal lain.

Seperti yang telah kita tahu, Snapdragon 888 yang belum lama dikenalkan oleh Qualcomm pada awal Desember tahun 2020 lalu dibangun dengan basis Cortex-X1 dan A78 yang lebih baru. Jadi, meskipun berjalan pada frekuensi yang lebih rendah (2,84 GHz untuk X1), akan ada lebih banyak kinerja yang berhasil dioptimalisasi.

Adreno 650 yang kembali hadir dan terintegrasi penuh dalam Snapdraon 870. Tetapi Qualcomm tidak menginformasikan apakah GPU-nya itu telah menerima peningkatan clock speed ataupun tidak. Jika tidak, apakah itu berjalan pada frekuensi Snapdragon 865 (587 MHz) atau SnapDragon 865+ (670 MHz)?

Hexagon 698 dan Tensor Accelerator memberikan 15 TOPS yang sama dengan dua chip SnapDragon 865 sehingga pasti tidak mendapatkan dorongan. Sementara itu, untuk drivernya, tampilannya dapat menjalankan panel kelas 1440p dan 144Hz (atau 4K pada 60 Hz) dan mendukung HDR10+ (color gamut Rec. 2020).

Spectra 480 ISP juga tidak berubah, dengan dukungan sensor hingga 200 MP, pengambilan video 8K @30 fps (dan 4K @120 fps), video rentang dinamis tinggi menggunakan standar HDR10+ dan Dolby Vision. Demikian pula, sistem FastConnect 6800 tampaknya sama. Serta telah mendukung Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2 dengan aptX Voice dan juga Adaptive.

Satu hal yang harus kalian tahu, bahwa Snapdragon 865+ menggunakan FastConnect 69000 yang sedikit ditingkatkan, dengan menawarkan Wi-Fi 6E. Di dalam Qualcomm Snapdragon 870 tidak akan ditemukan modem 5G onboard, sebagai gantinya yaitu chipset tersebut akan dipasangkan dengan modem eksternal Snapdragon X55 yang punya dukungan sub-6 dan mmWave.

Baca Selengkapnya: OPPO Reno5 Pro 5G Mulai Menapaki Pasar Global

Rencananya, Snapdragon 870 akan digunakan pada smartphone Motorola, OnePlus, OPPO, Xiaomi dan juga iQOO. Motorola mengatakan akan segera meluncurkan perangkatnya, tetapi belum ada tanggal pasti untuk perangkat yang akan diluncurkannya tersebut.

Motorola memang sudah memberikan beberapa petunjuk tentang jenis smartphone apa yang sedang mereka kerjakan. Tidak dipungkiri, semuanya akan menyoroti 5. Namun, Xiaomi secara khusus akan fokus pada sektor kamera, sementara pada iQOO akan membuat smartphone gaming yang nantinya akan ditenagai dengan chipset terbaru ini. Kita tunggu saja!

ardhi hidayad
Mencoba menyibukan diri dengan banyak hal. Menjadi penulis karena hobi membaca dan suka menonton. Pecinta movie, sangat suka makan dan tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Lirik Lagu Armada – Aku di Matamu

Mediapoin, Band Armada belum lama ini kembali merilis sebuah single terbaru yang berjudul Aku di Matamu. Lagu ini, ternyata terinspirasi dari kisah...

Diblokir Kominfo, Aplikasi SnackVideo Tidak Bisa di Akses

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara resmi telah memblokir website dan juga aplikasi dari SnackVideo. Dengan begitu, aplikasi ini tidak dapat digunakan...

Server Blade & Soul PC Segera Ditutup NCSoft!

Blade & Soul mungkin menjadi salah satu judul MMORPG dengan inovasi gameplay action yang luar biasa pada masanya. Namun seiring dengan berjalannya...

Ini Dia Trailer Perdana 2 Anime Dari DOTA: Dragon’s Blood Dan The Way Of The Househusband

Netflix akan segera menghadirkan dua serial anime original terbaru, salah satunya diantaranya adalah DOTA: Dragon’s Blood yang dibuat berdasarkan franchise video game...

Recent Comments