Beranda Berita Ilmuwan Inggris Kembangkan Solusi Isi Daya Smartphone Menggunakan Urin

Ilmuwan Inggris Kembangkan Solusi Isi Daya Smartphone Menggunakan Urin

MEDIAPOIN – Dorongan untuk mengembangkan solusi energi terbaru telah kita lihat bersama dengan adanya peningkatan adopsi rumah bertenaga surya, mobil bertenaga baterai, dan masih banyak lagi. Kita mungkin akan segera melihat bentuk baru dari pembangkit energi limbah.

Para ilmuwan di Inggris telah meluncurkan sebuah sel bahan bakar energi bersih baru yang mampu mengubah kotoran manusia menjadi listrik. Solusi baru tersebut dikembangkan oleh tim peneliti di Bristol BioEnergy Centre dan proyek ini dikenal sebagai “pee power”.

Untuk pertama kalianya, solusi tersebut ditunjukkan oleh Bristol BioEnergy Centre di sebuah festival Glastonbury sekitar dua tahun lalu. Selain itu, para tim peneliti juga berharap dapat memberikan kemajuan pada proyek tersebut yang dapat memungkinkan penyebarannya ke seluruh rumah tangga suatu hari nanti.

Pada festival Glastonbury yang digelar tahun 2019 lalu, para ilmuwan tersebut mampu membuktikan bahwa urin bisa menghasilkan pasokan listrik yang stabil dengan watt rendah. Energi yang dihasilkan tersebut kemudian bisa digunakan untuk menyalakan bola lampu, ponsel pintar, serta robot.

Baca Juga: Facebook Resmikan ‘Meta’ Sebagai Nama Perusahaan Barunya

Direktur Bristol BioEnergy Centre, Dr Ioannis Ieropoulos menjelaskan bahwa solusi tersebut mampu menghasilkan 300 watt-jam listrik selama festival lima hari berlangsung, yang dapat menyalakan satu bola lampu satu watt selama 300 jam, atau 10 bola lampu selama 30 jam.

Solusi pembangkit listrik baru ini menyebarkan apa yang disebutkan oleh Bristol BioEnergy Centre sebagai sel bahan bakar mikroba. Ini mencakup beberapa blok yang terlihat seperti baterai tetapi bisa diisi dengan koloni mikroba. Mikroba memakan bahan organik yang kemudian dipecah menjadi energi kimia dan pada gilirannya akan menghasilkan listrik.

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh tim peneliti tersebut saat ini adalah bagaimana cara memperkecil ukuran sel bahan bakar sehingga bisa ditempatkan di dalam batu bata dan diintegrasikan dengan dinding rumah.

Kita tentunya akan mendengar lebih banyak lagi tentang teknologi sederhana tersebut namun inovatif di masa yang akan datang.

ardhifm
Mencoba menyibukan diri dengan banyak hal. Menjadi penulis karena hobi membaca dan suka menonton. Pecinta movie, sangat suka makan dan tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Lirik Lagu Lady Rara ft Fildan – Pal Pal Dil Ke Paas

rehna tu pal pal dil ke paasjudi rahe tujhse har ek saanskhud pe pehle na itna yakeenmujhko ho payamuskil si ghadiyan sab huyiab jo tu aayaik...

Lirik Lagu Yeni Inka – Kabur Kanginan

Wis genep setahunAnggonmu ninggalke akuWis nganti lali rasaneSing jenenge loro ati Roso iki durung isoMbukak atiku nggo wong liyoMasih...

Lirik Lagu Fendik Adella Ft Yeni Inka Adella – Pandangan Pertama

Pandangan pertamaAwal aku berjumpa Pandangan pertamaAwal aku berjumpa Seolah-olah hanyaImpian yang berlaluSungguh tak kusangkaDan rasa tak...

Twitter Mulai Ikuti Tren NFT Agar Makin Kekinian

MEDIAPOIN - Banyak sekali pihak yang ikut menikmati tren kekinian non-fungible token atau NFT demi menunjukkan bahwa mereka tidak lewatkan sesuatu. Dan kini,...

Recent Comments