Beranda Game Genshin Impact Sensor Kata ‘Taiwan’ Dan ‘Hong Kong’ Di Chat In-Game

Genshin Impact Sensor Kata ‘Taiwan’ Dan ‘Hong Kong’ Di Chat In-Game

Genshin Impact yang Dirilis pada 28 September 2020 lalu, Genshin Impact sangat sukses menarik perhatian banyak gamer dengan gameplay ekplorasi yang mirip dengan Breath of The Wild dan kumpulan karakter karakter yang bikin “puas” pemainnya.

Seminggu lebih telah berlalu sejak gamenya dirilis, pemain mulai menemukan beberapa detil unik yang ada pada game ini. Mulai dari mekanik game itu sendiri hingga baru-baru ini telah ditemukan sistem chat dengan sensor yang sifatnya menyinggung politik.

Ditemukan oleh seorang jurnalis independen Kazuma Hashimoto lewat Twitter. Kata Taiwan, Hong Kong dan Tibet dilarang ditulis dalam chat di game ini. Ketika kamu mencoba mengetikan salah satu dari kata diatas, pesanmu akan segera otomatis disensor oleh gamenya.

Tidak hanya ketiga kata tersebut, masih banyak kata lain seperti kata ‘Putin’, ‘Hitler’, dan ‘Stalin’ juga ikut disensor, dan yang paling aneh itu adalah kata ‘Words’ juga ikut termasuk, namun kemungkinan besar dikarenakan kesalahan dari pihak developer.

Daniel Ahmad, seorang analis video game khususnya yang berada di Cina, diapun tidak terkejut akan disensornya Taiwan, Hongkong dan Tibet dari chat game. Genshin Impact adalah game yang dikembangkan oleh Mihoyo studio yang terletak di Cina sana. Menurut Ahmad, studio yang terletak di Cina harus “menuruti aturan, kebijakan dan keharusan sensor in-game” yang telah ditentukan oleh pemerintah Cina.

Apapun yang bersifat “mengancam persatuan nasional, kedaulatan dan intergritas teritorial Cina” sangat lah dilarang. Hal tersebut membuat sensor referensi kemerdekaan Taiwan dan Hong Kong harus dilakukan karena menjadi topik yang sensitif bagi mainland (tanah daratan) Cina.

Besar kemungkinan bahwa Mihoyo berlakukan sensor in-game tersebut sekedar untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan kedepannya dan bukan karena perintah dari pemerintah Cina, namun tetap saja sensor ini mengundang diskusi panjang di berbagai komunitas subreddit resmi Genshin Impact.

Ini bukan kali pertama Genshin Impact mengundang kontroversi di komunitas pemainnya, game terbaru dari Mihoyo ini juga sempat menuai kritik panas karena sistem anti-cheat berbasis kernel yang dianggap berfungsi bagaikan spyware karena terus beroperasi bahkan di saat kamu selesai bermain. Merespon kritik tersebut, Mihoyo memutuskan untuk perbarui anti-cheat tersebut agar hanya menyala saat game dimainkan saja.

ardhi hidayad
Mencoba menyibukan diri dengan banyak hal. Menjadi penulis karena hobi membaca dan suka menonton. Pecinta movie, sangat suka makan dan tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Cosplayer Genshin Impact Astrolog muda, Mona!

Merupakan salah satu dari game yang sangat populer dikalangan mobile gamer dan PC gamer, Genshin impact telah berhasil menarik perhatian para pemain...

Dwayne Johnson Rilis Trailer Perdana Dari Serial Tentang Dirinya Sendiri, Young Rock

Dwayne Johnson akhirnya menghadirkan sebuah trailer melalui Instagram miliknya dari serial biopik dirinya sendiri yang berjudul Young Rock. Serial yang nantinya akan...

Whatsapp Tunda Kebijakan Privasi Baru Hingga 15 Mei 2021

WhatsApp beberapa minggu lalu telah membuat sebuah kejutan dengan mengumumkan perubahan dalam Kebijakan Privasi dan Persyaratan Layanan. Imbasnya adalah, WhatsApp yang sudah...

Lirik Lagu SATRU – Denny Caknan ft. Happy Asmara

Lagu terbaru yang berjudul ‘SATRU’ ini adalah sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Denny Caknan yang berkolaborasi dengan Happy Asmara.

Recent Comments