Beranda Android Galaxy S21 Series Resmi Diluncurkan, Punya Desain dan SOC Baru

Galaxy S21 Series Resmi Diluncurkan, Punya Desain dan SOC Baru

Tepat pada tanggal 14 Januari 2021, Samsung akhirnya mengumumkan seri smartphone Galaxy S21. Smartphone baru tersebut yaitu Samsung Galaxy S21 dan Galaxy S21+ yang diumumkan jauh lebih awal dari pada pendahulunya. Seperti yang telah kita tahu, Samsung memperkenalkan seri smartphone Galaxy S20 pada bulan Februari tahun 2020 lalu.

Tidak hanya membenamkan chipset baru ke dalam Galaxy S21 dan S21+, Samsung juga mengemas kedua smartphone ini dengan desain baru, chipset baru. Selain itu, dukungan kameranya juga ditingkatkan. Hanya saja, kali Samsung “membuang” aksesoris kepala pengisi daya dalam paket penjualannya.

Beberapa bocoran yang telah muncul sebelum perilisan resmi telah menunjukkan kepada kita seperti apa bentuk dari kedua smartphone tersebut. Kedua smartphone tersebut tiba dengan menggunakan punch-hole di tengah yang menjadi rumah kamera depan. Ya! Samsung masih mengusung desain layar Infinity-O.

Namun, bagian yang lebih menarik dari desainnya adalah casing Contour Cut Camera baru yang menyatu dengan bingkai ponsel. Samsung menggambarkannya sebagai estetika yang ramping, namun mencolok. Sementara itu, pada bagian depan kedua smartphone ini sudah dilapisi Gorilla Glass Victus.

Bagian Belakang Samsung Galaxy S21 Series

Lalu, bagaimana dengan bagian cangkang belakangnya? Ini yang cukup mengejutkan. Galaxy S21 memiliki cangkang belakang yang terbuat dari bahan glasstic, sementara untuk S21+ adalah kaca. Hal menarik lainnya yaitu, pilihan warna yang ditawarkan oleh Samsung kali ini sangat bervariasi.

Untuk Galaxy S21 pilihan warna yang ditawarkan ada empat warna, yaitu Phantom Violet, Phantom Gray, Phantom Pink dan juga Phantom White.
Sedangkan untuk Galaxy S21+ hanya terdapat tiga pilihan warna, yaitu Phantom Violet, Phantom Silver dan juga Phantom Black.

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Series

Galaxy S21 memiliki layar dengan ukuran 6,2 inci, sedangkan Galaxy S21+ memiliki layar dengan ukuran 6,7 inci. Keduanya sudah menggunakan panel layar Dynamic AMOLED 2X datar dengan resolusi 2.400 x 1.080 dan adaptif refresh rate 48Hz hingga 120Hz. Ya! Refresh ratenya dapat disesuaikan secara otomatis berdasarkan konten yang sedang ditampilkan.

Baca Juga: Yuk, Lihat Kelebihan Samsung Exynos 2100

Samsung juga mengatakan bahwa adanya dukungan Eye Comfort Shield terbaru yang secara otomatis menyesuaikan cahaya biru berdasarkan waktu dalam sehari. Datang sebagai smartphone unggulan di tahun 2021, Samsung juga membekali smarthpone keduanya dengan chipset flagship.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Galaxy S Series yang dipasarkan oleh Samsung di Indonesia ditenagai oleh chipset Exynos Series. Kali ini, Galaxy S21 dan S21+ ditenagai oleh chipset Exynos 2100 yang baru saja diperkenalkan oleh Samsung beberapa hari lalu.

Tentu saja, chipset yang dibenamkan ke dalam smartphone ini tidak bekerja sendirian. Baik Galaxy S21 maupun Galaxy S21+, sama-sama dibekali RAM sebesar 8 GB dan juga penyimpanan internal dengan kapasitas 128 GB dan 256 GB. Satu hal yang harus kalian tahu, kali ini Samsung tidak menyertakan slot untuk kartu microSD.

Kedua smartphone ini memiliki jumlah kamera yang sama di kedua sisi. Kamera depan terdapat 10 MP Dual Pixel AF dengan aperture f/2.2. Tentu saja, kamera depannya itu sudah lebih dari cukup untuk menjawab mereka yang gemar sekali foto selfie ataupun melakukan video call.

Foto: Spesifikasi Kamera Belakang Samsung Galaxy S21

Kamera Samsung Galaxy S21 Series

Sementara itu di bagian belakang terdapat tiga buah kamera yang terdiri dari kamera ultrawide 12 MP f/2.2, kamera 12 MP f/1.8 Dual Pixel AutoFocus dengan OIS, dan kamera telefoto 64 MP f/2.0 dengan OIS, PDAF, dan 3x Hybrid Optic Zoom dan 30X Space Zoom.

Kamera tersebut sudah mengemas banyak fitur baru. Misalnya, pada kamera 64 MP bisa merekam dalam 8K 24 fps. Samsung mengatakan bahwa pengguna akan bisa mendapatkan foto dengan beresolusi tinggi 33 MP dari video 8K yang direkam. Ada juga 6 fitur foto potret yang berbeda untuk dipilih.

Galaxy S21 memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh, sedangkan pada Galaxy S21+ memiliki baterai sebesar 4.800 mAh. Keduanya mendukung pengisian daya kabel cepat 25W. Adaptor pengisi daya tidak disertakan dalam kemasan, tetapi konsumen masih mendapatkan kabel USB-C.

Galaxy S21 dan S21+ juga mendukung pengisian nirkabel 15W dan pengisian nirkabel terbalik 9W. Fitur lainnya yang disematkan adalah IP68, NFC, UWB, dan juga Fingerprint ultrasonik dalam layar. Keduanya juga sudah berjalan dengan One UI 3 berbasis Android 11.

Harga Samsung Galaxy S21 Series

Dipasar Indonesia mulai tanggal 14 Januari 2021, Galaxy S21+ sudah dapat di pre-order langsung. Pada tanggal 14 Januari hingga 27 Januari 2021, konsumen yang melakukan pre-order akan mendapatkan Galaxy Buds Live dan Samsung Care+ untuk semua pembelian selama 1 tahun dan kesempatan mendapatkan Bank cashback hingga Rp.1.000.000.

Baca Juga: Makin Sadis, Samsung Exynos Dengan GPU AMD Radeon

Selain itu, konsumen yang telah melakukan pre-order pada tanggal 14 Januari hingga 17 Januari 2021, memiliki kesempatan untuk mendapatkan free upgrade pembelian Galaxy S21+ 128 GB langsung mendapatkan upgrade ke Galaxy S21+ 256 GB. Semua pre-order juga akan langsung mendapatkan gratis Galaxy Smart Tag.

Harga untuk Samsung Galaxy S21 mulai dari Rp 12.999.000 dan untuk Samsung Galaxy S21+ dimulai dari 15.999.000,-. Jika kalian berminat untuk melakukan Pre-Order, kalian bisa langsung pergi ke website resmi milik Samsung ya.

ardhi hidayad
Mencoba menyibukan diri dengan banyak hal. Menjadi penulis karena hobi membaca dan suka menonton. Pecinta movie, sangat suka makan dan tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

OPPO Reno5 Marvel Avengers Edition Rilis!

Terjawab sudah edisi spesial dari perangkat Reno5 yang telah dikabarkan akan segera meluncur di Indonesia dimana produk tersebut merupakan hasil kolaborasi antara...

Paramount Umumkan Tanggal Rilis Baru A Quiet Place Part II

Setelah beberapa kali mengalami penundaan jadwal rilis (sejauh ini sudah 3 kali) karena pandemi, A Quiet Place Part II akhirnya mendapatkan tanggal...

Radeon RX 6700XT akan Dirilis Bulan Ini dengan Harga 6-7 Juta

Pada tanggal 3 Maret 2021 yang lalu, AMD Radeon baru saja menggelar sebuah acara yang bernama “Where Gaming Begins Ep.3”. Pada kegiatan...

realme GT 5G Rilis, Dijual Mulai Rp6 Jutaan!

Realme telah menjanjikan flagship bertenaga Snapdragon 888, dan smartphone tersebut telah diperkenalkan di Cina, realme GT 5G. Smartphone yang hadir dengan perangkat...

Recent Comments