Beranda Game DualSense Controller PS5 Kemungkinan Bisa Digunakan Di PC Dan Android

DualSense Controller PS5 Kemungkinan Bisa Digunakan Di PC Dan Android

Sebentar lagi kita akan segera meyambut datangnya next-gen dari console Sony yaitu PlayStation 5, yang dijadwalkan akan rilis pada tanggal 12 November 2020, dan kali ini PS5 sedang dalam masa pre-sale.

Walaupun masih kurang dari sebulan lagi perilisan konsolnya, pihak Sony akan merilis controller DualSense-nya terlebih dahulu sebagai strategi pemasarannya, dijadwalkan akan rilis pada 30 Oktober 2020.

Beruntungnya ada beberapa YouTuber yang telah dikirimi DualSense oleh Sony terlebih dahulu untuk mereka review, dan salah satunya yaitu Austin Evans. Dalam videonya yang berdurasi 11 menit itu, memang tidak terlalu banyak informasi yang didapatkan. Namun terdapat kecurigaan bahwa DualSense nantinya akan mendukung sistem lain seperti yang Austin perlihatkan pada videonya ketika pengujiannya dengan perangkat Windows dan Android.

Pengujian awal Austin mencobanya di konsol Xbox Series X, namun hasilnya tentu saja tidak berhasil. Pengujian dilanjutkan dengan PS4 yang memperlihatkan bahwa kontroler tersebut berhasil terkoneksi tetapi masih tetap tidak berfungsi.

Pengujian tersebut dilanjutkan dengan kali ini menggunakan Surface Laptop Go sebagai perwakilan PC, namun Austin mengatakan bahwa DualSense tersebut juga berfungsi layaknya PC Controller pada umumnya, walaupun ada bebebrapa tombol yang dirasa masih kurang berfungsi dengan normal.

Pengujian terakhir yang dilakukan adalah menggunakan perangkat Android dengan perangkat android yang digunakan yaitu Google Pixel 5 yang dikoneksikan menggunakan Bluetooth, dan hasilnya DualSense dapat terkoneksi secara sempurna dan tombol-tombolnya berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk menguji lebih lanjut apakah semua tombol bekerja secara normal, Austin mencoba memainkan game Xbox di Android via Xcloud dan hasilnya ssemua tombol bekerja secara baik walaupun untuk fitur Haptic Feedback dan Vibration tidak berfungsi.

Kesimpulan dari pengujian yang kita dapat tersebut adalah DualSense ini bisa saja berfungsi untuk sistem lain, terlepas bahwa di kotak penjualannya memang tercantum hanya compatible dengan PS5. Ketika masa pre-order konsolnya yang habis sangat cepat dan susah sekali untuk di dapatkan, apakah kontrolernya akan bernasib sama?

ardhi hidayad
Mencoba menyibukan diri dengan banyak hal. Menjadi penulis karena hobi membaca dan suka menonton. Pecinta movie, sangat suka makan dan tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ini Tanggal Peluncuran realme narzo 30A di Indonesia

Setelah merilis desain kotak penjualan terbaru untuk realme narzo 30A beberapa hari lalu, realme telah mengkonfirmasikan peluncuran realme narzo 30A “Power Up...

Black Shark 4 dengan SoC Snapdragon 870 & Charger 120W

Black Shark diharapkan akan segera merilis seri smartphone Black Shark 4 pada pada akhir bulan ini atau awal Maret. Diketahui melalui sertifikasi...

Render Awal Pixel 5a Punya Kemiripan dengan Pixel 4a 5G

Sama seperti Pixel 4 sebelumnya, Pixel 5 dikabarkan akan punya varian yang lebih terjangkau. Smartphone ini dikabarkan akan meluncur sebagai Pixel 5a....

ASUS Bawa Komponen PC Edisi Gundam ke Indonesia!

Setelah mengadakan peluncuran ASUS X GUNDAM Series edisi khusus di Cina pada tahun 2020 lalu, Sekarang ASUS secara resmi telah mengumumkan bahwa...

Recent Comments