Beranda Aplikasi Dollar to IDR: Cara Cek Kurs Rupiah Hari Ini via Google Assistant

Dollar to IDR: Cara Cek Kurs Rupiah Hari Ini via Google Assistant

Google Assistant atau asisten virtual Google punya fitur untuk cek kurs rupiah hari ini melalui perintah suara. “Dollar to IDR” adalah perintah suara yang kerap diucapkan untuk mengetahui nilai mata uang dolar AS (US Dollar) terhadap rupiah (IDR).

Perintah “Dollar to IDR” diucapkan untuk perangkat yang menggunakan setelan bahasa Inggris, sedangkan untuk bahasa Indonesia melafalkan “Dolar ke Rupiah”. Sebelum memberikan perintah kepada Google Assistant, pastikan setelan bahasa yang digunakan telah sesuai agar perintah tak salah sasaran.

Akan tetapi, bila ponsel menggunakan bahasa Inggris dan Google Assistant diatur ke bahasa Indonesia, pengguna dapat berbicara dengan Google Assistant dalam bahasa Inggris atau Indonesia.

Sebagaimana dijelaskan laman Google Support, Google Assistant maksimum mendukung tiga bahasa, yaitu satu bahasa yang digunakan di perangkat Android dan dua bahasa yang ditambahkan ke Google Assistant.

Cara Mengubah Bahasa di Google Assistant Meski Google Assistant mendukung maksimum tiga bahasa, pengguna hanya dapat berinteraksi denganya dalam satu bahasa terpilih tetapi tidak keduanya secara bersamaan.

Selain itu, beberapa fitur Google Assistant tidak tersedia dalam bahasa tertentu.

Berikut cara mengubah bahasa di Google Assistant

  1. Di ponsel atau tablet, ucapkan “Ok Google” atau sentuh lama tombol Home hingga Google Assistant muncul
  2. Di kanan bawah ketuk ikon kompas
  3. Di kanan atas, ketuk gambar profil atau inisial Anda > Setelan > Asisten > Bahasa
  4. Untuk mengubah bahasa utama, ketuk bahasa saat ini. Sedangkan untuk menambahkan bahasa lain, ketuk Tambahkan Bahasa

Selain untuk mengetahui niai mata uang hari ini, Google Assistant juga menawarkan informasi lain seturut perintah yang diberikan, macam rute, jadwal penerbangan, agenda harian, membacakan SMS masuk, dan lain sebagainya.

Cek “Dollar to IDR”

Untuk mengetahui nilai mata dolar AS terhadap rupiah caranya tak sulit cukup dengan mengucapkan perintah seturut informasi yang ingin diketahui. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Di ponsel atau tablet, ucapkan “Ok Google” atau sentuh lama tombol Home hingga Google Assistant muncul
  2. Ucapkan “Dollar to IDR” untuk mengetahui nilai tukar dolar AS terhadap rupiah (preferensi bahasa Google Assistant Inggris) atau jika sebaliknya ucapkan “IDR to Dollar”
  3. Google Assistant akan menampilkan informasinya di layar

Saat Tirto mencoba metode ini menggunakan smartphone Android dengan sistem operasi Android 10 pada Kamis (19/3/2020) per pukul 15.22 WIB, Google Assistant menampilkan informasi 1 dolar AS sama dengan Rp15.962. Akan tetapi, tak disebutkan nilai tukar uang itu apakah kurs jual atau beli.

Google Assistant juga menampilkan grafik pergerakan nilai mata uang dari hari per hari. Dalam disclaimer-nya, Google menyebut bahwa informasi kurs itu disediakan oleh Morningstar, perusahaan jasa keuangan global berbasis di Chicago, AS.

“Google tidak dapat menjamin keakuratan nilai tukar yang ditampilkan. Anda harus mengonfirmasi nilai saat ini sebelum melakukan transaksi apa pun yang dapat terpengaruh oleh perubahan dalam nilai tukar,” tulis Google.

Nilai mata uang itu tentunya akan berbeda dibandingkan dengan kurs referensi lain, Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), misalnya, yang tercatat makin terpuruk dan menuju ke level Rp16.000 per dolar AS.

Kurs referensi Jisdor yang dirilis Bank Indonesia hari ini, Kamis (19/3/2020), rupiah berada di level Rp15.712 per dolar AS atau lebih rendah dari posisi hari sebelumnya, Rabu (18/3/2020), di level Rp15.223.

Sementara nilai tukar rupiah di beberapa bank per hari ini

  1. BCA: kurs jual Rp15.980
  2. Bank Mandiri: kurs jual Rp15.990
  3. BRI: kurs jual Rp15.600
  4. Bank Panin: kurs jual Rp16.005
  5. BNI: kurs jual Rp15.900

Google Assistant tersedia default untuk perangkat Android baik smartphone maupun tablet. Artinya, pemilik gawai Android tak perlu lagi mengunguh aplikasi Google Assistant lantaran sudah menjadi aplikasi bawaan atau pre-installed.

ardhi hidayad
Mencoba menyibukan diri dengan banyak hal. Menjadi penulis karena hobi membaca dan suka menonton. Pecinta movie, sangat suka makan dan tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bocoran LG K31s Kantongi Sertifikasi Dengan Helio P22

Bocoran hape baru LG, kembali muncul dari sertifikasi FCC, beberapa spekulasi menyatakan bahwa hape ini merupakan model LG K31s, sayangnya dari bocoran...

Untuk Myanmar, Vivo S1 Prime Dibekali SD 665 Harga Rp 4,2 Jutaan

Sesuai dengan bocoran sebelumnya Vivo telah meluncurkan hape baru Vivo S1 Prime, hadir dengan layar Super AMOLED 6,38 inci dengan desain curved...

HTC Desire 20 Pro Mendarat Di Eropa Harga Rp 4,9 Jutaan

HTC luncurkan Desire 20 Pro untuk pasar Eropa, tidak hanya soal harga spesifikasi dan fitur hape yang sebelumnya pernah kita ulas ini...

Infinix Smart 5 Layar HD+ Dan Bateri 5,000 mAh

Infinix luncurkan hape entry-level terbaru Infinix Smart 5 untuk pasar India, yang memiliki ragam perbedaan dengan pasar global, untuk edisi global dibekali...

Recent Comments