Beranda Berita Bitcoin Meroket Hingga 500 Juta, Apakah Harga VGA Card Naik Lagi?

Bitcoin Meroket Hingga 500 Juta, Apakah Harga VGA Card Naik Lagi?

Baru-baru ini beberapa gamer sedang segampar dan dihantui dengan naiknya harga dari Bitcoin yang sekarang melebihi rekor dari tahun 2017 silam. Karena pada tahun tersebut, telah terjadi lonjakan harga yang sangat fantastis pada kartu grafis baik itu dari AMD maupun NVIDIA.

Melonjaknya harga dari kartu grafis pada tahun tersebut pun terjadi karena 2 hal. Yaitu minimnya stock yang tersedia di sejumlah toko dan juga meningkatnya permintaan pada kartu grafis oleh para penambang untuk menambang Bitcoin.

Contohnya seperti pada kartu grafis kelas menengah milik NVIDIA maupun AMD pada kala itu adalah GTX 1060 6GB dan RX 580 yang mempunyai harga yang hanya berkisar di 2 hingga 4 juta rupiah. Namun semenjak tren menambang Bitcoin datang, harga kedua kartu grafis tersebut naik 2 kali lipat dari 5 hingga 8 juta rupiah.

Sumber: Techspot

Untungnya tren menambang pada tahun 2017 tidak berlangsung lama. Akan tetapi setelah menurunnya tren penambang, harga kartu grafis pun tidak langsung turun begitu saja. tetapi menurun dengan perlahan hingga terhitung normal pada akhir 2018.

Kini sudah hampir 3 tahun, nilai Bitcoin terus bertahan di kisaran 50 hingga 100 juta Rupiah dalam pergantian tahun 2018 ke 2019. Namun pada transisi tahun 2020 menuju 2021, harga Bitcoin tiba-tiba meroket hingga mampu memecahkan rekor tertinggi sebelumnya, yaitu melonjak sangat pesat hingga diangka Rp. 513.844.650 Juta (Note: Harga tersebut kami lihat pada tanggal 11 Januari 2021.)

Kabarnya salah satu faktor terbesar yang membuat harga Bitcoin sangat meroket adalah karena terbukanya akses jual beli Bitcoin dengan menggunakan PayPal. Hal tersebut dapat memudahkan masyarakat yang ingin sekali membeli atau menjual Bitcoin mereka.

Meroketnya harga Bitcoin juga tentunya dapat mengundang kembali para penambang yang sebelumnya berhenti sejenak. Tidak hanya mengundang kembali para penambang secara perlahan, mereka (penambang) juga akan langsung memborong hampir seluruh kartu grafis yang berada di pasaran.

Karena munculnya rasa penasaran apakah harga kartu grafis mulai meningkat, saya sendiri telah mencoba untuk melihat ke beberapa e-commerce yang berada di Indonesia untuk melihat apakah harga kartu grafis sudah mulai naik atau tidak, Untungnya, ketika saya melihat harga di beberapa e-commerce Indonesia, sejumlah penjual masih belum terlihat adanya kenaikkan harga. (Note: Saya mengeceknya di tanggal 11 Januari 2021)

Baca Juga: Asus Telah Resmi Mulai Menaikkan Harga Motherboard dan Kartu Grafis Mereka

Saran dari saya untuk kalian para gamer yang ingin merakit PC idaman, awal 2021 ini adalah masa-masa terbaikmu untuk secepatnya membeli atau meng-upgrade kartu grafis PC kalian. Karena bisa saja di masa mendatang, kita semua tidak akan pernah tahu apakah ke depannya kartu grafis bisa mempunyai harga yang sama atau tidak seperti saat ini, tetapi semoga saja untuk harga bisa terus stabil ya.

Sumber: GameDebate

Perlu diingat bila kalian ingin merakit PC, kemungkinan terbesar yag akan akan kalian hadapi yaitu perihal ketersediaan stock di toko online maupun offline. Karena ada beberapa toko yang tidak mengubah status ketersediaan barang mereka tetapi ketika ditnya stock kartu grafisnya telah habis.

ardhi hidayad
Mencoba menyibukan diri dengan banyak hal. Menjadi penulis karena hobi membaca dan suka menonton. Pecinta movie, sangat suka makan dan tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Lirik Lagu Cintanya Aku – Tiara Andini feat. Arsy Widianto

Tiara Andini dan Arsy Widianto berkolaborasi dalam proyek musik series yang berjudul Arti Untuk Cinta. Dalam kolaborasinya, Tiara dan Arsy merilis lagu...

Game Anime Re:Zero Terbaru Unjuk Trailer Perdananya!

Game adaptasi Anime Re:Zero – Starting life in another World – The Prophecy of the throne baru – baru ini sudah mendapatkan...

2 Juta Kurang, POCO M3 Dengan Snapdragon 662, Mau?

POCO M3 resmi tiba di Indonesia membawa julukan sebagai Entry-Level Killer, lalu apakah julukan tersebut pantas untuk disematkan oleh POCO M3 di...

ASUS Luncurkan GTX 1660 Super Bertemakan Zaku Mobile Suit Gundam

Pada Bulan Oktober 2020 yang lalu, para gamer dan perakit PC baru saja menyambut kehadiran Motherboard dan VGA baru yang bertemakan gundam...

Recent Comments