Beranda Berita Bansos PPKM Darurat Juli 2021 Sudah Dialirkan, Ini Cara Cek Secara Online

Bansos PPKM Darurat Juli 2021 Sudah Dialirkan, Ini Cara Cek Secara Online

MEDIAPOIN – Bantuan sosial (bansos) kembali dialirkan oleh pemerintah Indonesia pada masa PPKM Darurat ini yang dimulai dari 3 Juli sampai 20 Juli 2021.

Penyaluran bansos ini dilakukan sebagai respon dari pemerintah terhadap dampak yang terjadi dari penerapan PPKM Darurat di Jawa dan Bali.

Nah, untuk bisa mendapatkan sejumlah bansos pada masa PPKM Darurat ini, masyarakat harus terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdata pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Tidak ada cara untuk melakukan pendaftaraan secara online. Namun Masyarakat harus melakukan pendaftaran langsung melalui RT/RW atau Kelurahan/Desa.

Bagi masyarakat yang telah terdaftar sebagai KPM DTKS Kemensos, kalian bisa langsung melakukan cek penerimaan bantuan PPKM Darurat bulan Juli 2021.

Pengecekan ini dapat dilakukan secara online melalui situs web cekbansos.kemensos.go.id dengan cara berikut.

Foto: Website Kemensos Bansos

Cara Cek Bantuan PPKM Darurat Juli 2021

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id
  2. Pada kolom “Pencarian Data Penerima Bantuan Sosial (BST, BPNT, PKH)” silahkan kalian pilih Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan kalian berada.
  3. Masukkan nama sesuai dengan yang berada di KTP pada kolom yang tersedia.
  4. Kemudian, masukkan empat huruf kode yang tertera dalam kotak kode, Jika tidak jelas huruf kodenya, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode yang baru
  5. Terakhir, tinggal klik tombol “CARI”.

Nantinya, sistem akan mencocokan Nama KPM dan Wilayah yang telah kalian input dan membandingkan dengan nama yang ada dalam database DTKS.

Jika ingin mengecek keterdaftaran secara langsung, kalian bisa mengunjungi Dinsos Kabupaten/Kota mengenai ketersediaan data.

Layanan Pengaduan

Jika terdapat pengaduan permasalahan, kalian bisa langsung menghubungi via email ke [email protected]

Kalian juga bisa melalui Whatsapp ke nomor 0811-1022-210. Layanan Whatsapp tersebut tidak menerima layanan telepon.
Kalian bisa kirimkan pesan dengan format: Nama lengkap (spasi) Nomor KTP (spasi) Alamat Lengkap (spasi) Aduan.

Baca Juga: Update Corona RI 21 Juli: Positif Tambah 33.772 Kasus

ardhifm
Mencoba menyibukan diri dengan banyak hal. Menjadi penulis karena hobi membaca dan suka menonton. Pecinta movie, sangat suka makan dan tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020, Anthony Ginting Lolos Ke Semi Final

MEDIAPOIN - Anthony Sinisuka Ginting berhasil lolos ke babak semifinal bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 setelah menang pada babak perempat final mengalahkan...

Lirik Lagu Amel Amila – Serupa (Memang Aku Tak Sama Tapi Serupa)

MEDIAPOIN - Amel Amila yang sedang menggemparkan publik karena parasnya yang cukup mirip dengan Nike Ardila ini merilis lagu yang berjudul Serupa...

WhatsApp Resmi Rilis Fitur Sembunyikan Pesan

MEDIAPOIN - WhatsApp, aplikasi perpesanan paling populer di dunia itu baru-baru ini secara resmi merilis sebuah fitur sembunyikan pesan atau Archived Meesage...

Google Akan Buat Transfer Data dari iOS ke Android Jadi Lebih Mudah

MEDIAPOIN - Saat pengguna ingin beralih dari iOS ke Android, salah satu hal yang paling sulit dilakukan yaitu transfer data. Seorang pengembang...

Recent Comments